f ' GERAKAN MAHASISWA... DIMANA PERANMU? ~ Inspirasi Pendidikan

Senin, 04 Juli 2022

GERAKAN MAHASISWA... DIMANA PERANMU?


GERAKAN MAHASISWA…DIMANA PERANMU???


Mahasiswa dengan kegagahan intelektualitasnya, ketegaran jasmani dan mentalitasnya yang pantang menyerah merupakan berkah bagi bangsa yang tak lelah dirundung masalah. Peran pemuda dalam hal ini mahasiswa terhadap bangsa ini merupakan peran yang sangat vital yang tidak bisa digantikan oleh siapapun entitas dinegara ini. Peran pertama adalah menjadi inisiator perubahan, Peran kedua adalah sebagai galvanisator pergerakan, peran ketiga sebagai arsitek peradaban.

Kiranya  ketiga peran tersebut tidak terlalu berlebihan kalau kita melihat perjuangan mahasiswa di era reformasi dulu. Tetapi sayangnya pergerakan mahasiswa tersebut seolah mandeg alias tidak ada perkembangan yang signifikan. Apalagi kalau kita menghitung jumlah mahasiswa di seluruh negeri ini, dengan jumlah mahasiswa yang aktif dalam pergerakan memperjuangkan nasib negeri ini. Memang tidak dapat dipungkiri beribu alasan akan diberikan, bagi yang tidak ikut berdemo turun di jalan menyampaikan aspirasi akan berkilah bahwa perjuangan tidak selalu menggunakan cara itu apalagi berujung pada anarkisme, toh yang rugi juga masyarakat. Tetapi bagi yang turun ke jalan untuk berdemi berargumen inilah cara terakhir untuk mempressure regim karena tidak mau dan tidak mampu mendengarkan aspirasi rakyatnya.

Terlepas dari perdebatan yang mungkin tidak akan habisnya bila ditulis argument dari kedua belah pihak. Penulis ingin memaparkan bahwa gerakan perjuangan bisa dilakukan dari sisi manapun, yang penting benar-benar ikhlas demi kepentingan rakyat bukan semata-mata karena pesanan sponsor ataupun karena ingin dikenal sebagai “pahlawan”  di mata orang lain. Dari sudut pandang ini, gerakan mahasiswa yang bersumber dari kampus haruslah netral dari kepentingan politik praktis dan menjadi wahana untuk berlatih dalam ranah organisasi kampus. Tetapi dampak dan perannya harus meluas dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Ada beberapa hal yang harus dibenahi dalam rangka mereaktualisasi peran gerakan kemahasiswaan dewasa ini, antara lain:

1)   Kampus harus bersungguh-sungguh menjadikan organisasi kampus seperti BEM, Senat Mahasiswa, atau Organisasi intern kampus yang lain sebagai tempat melatih mereka dibidang kepemimpinan, tempat mengasah kepekaan mereka terhadap kondisi masyarakat. Biarkan mahasiswa berekspresi, dan jangan dianggap “musuh” apabila suatu saat mahasiswa mengkritisi kebijakan kampus. Dana yang seharusnya untuk keperluan organisasi kemahasiswaan harus diberikan secara jujur dan amanah untuk pengembangan organisasi kampus.

2) Kampus hendaknya memberikan bimbingan kepada mahasiswa yang aktif dalam organisasi, sehingga pimpinan perguruan tinggi yang membidangi kemahasiswaan harus mengenali betul seluk beluk organisasi kampus dan memiliki pengalaman untuk bekerja sama dengan mahasiswa, berkemampuan untuk membimbing dan mengarahkan kepada hal-hal yang positif, menjadikan organisasi kampus sebagai sarana pencetak prestasi mahasiswa di segala bidang.

3) Pemerintah dan pimpinan kampus harus lebih kooperatif terhadap kepentingan pengembangan organisasi kemahasiswaan, kepada para aktivis organisasi kemahasiswaan diberikan prioritas dalam memperoleh beasiswa.

4)   Perlu kesadaran untuk seluruh dosen dan pimpinan perguruan tinggi untuk memberikan dispensasi izin bagi mahasiswa yang akan mengikuti atau melaksanakan kegiatan keorganisasian, meskipun demikian diupayakan kegiatan organisasi mahasiswa tidak merugikan kegiatan akademik.

5)  Mahasiswa harus menyadari kegiatan organisasi kampus adalah penyeimbang kegiatan akademik. “Second University” . karena itu tidak akan terjadi “mahasiswa abadi” karena alasan aktif dalam organisasi kemahasiswaan.

Apabila semua pihak terkait, memahami peran dan tanggung jawabnya masing-masing terkait dengan pengembangan kemahasiswaan, maka peran organisasi kemahasiswaan akan bisa optimal. Peran mahasiswa akan dapat membangun  peradaban bangsa kembali, peradaban yang sudah terpuruk karena budaya korupsi dari tingkat atas sampai ke akar rumput. Mahasiswa …kunantikan peranmu membersihkan negeri ini dari kotornya tangan tangan penjarah kekayaan negeri yang mengatasnamakan kesejahteraan rakyat…

----------------   

* Penulis adalah pemerhati di bidang pendidikan 


0 comments:

Posting Komentar