f ' Sekolah Unggulan ~ Inspirasi Pendidikan

Selasa, 12 Juli 2022

Sekolah Unggulan


Sekolah Unggulan

BERBURU SEKOLAH UNGGULAN


        Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baru saja berkhir. Tahapan berikutnya adalah para peserta didik memasuki tahap Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Apabila kita amati dengan seksama berbagai metode pemasaran sekolah menjelang dan selama PPDB yang sudah lalu, maka bisa dilihat upaya keras sekolah untuk menarik minat customer dengan berbagai 'iming-iming' yang terkadang sangat menggiurkan, seperti pemberian beasiswa penuh, gratis uang gedung, gratis buku selama sekolah, beasiswa lanjutan ke jenjang yang lebih tinggi, beasiswa yayasan, beasiswa prestasi dll. Sekolah dan bersolek memoles gedung-gedungnya, membenahi sarana prasarananya agar bisa memikat calon peserta didik/ mahasiswanya.Tidak bisa dipungkiri bahwa kompetisi antar sekolah begitu ketat terutama sekolah swasta. sehingga tidak jarang sekolah negeri pun kadang tidak mendapatkan calon peserta didik atau calon siswa. 

        Hal tersebut terkadang membingungkan pilihan bagi calon peserta didik dan tentu saja orang tua. Karena itu, sebelum memastikan diri untuk melanjutkan studi di sekolah tertentu, orang tua harus benar-benar mengetahui tentang sekolah tersebut. Jumlah peminatnya, jumlah siswa yang masih aktif, tenaga penedidik dan tenaga kependidikan, prestasi yang pernah di raih, serta keunggulan yang dimiliki sekolah tersebut dibandingkan dengan sekolah lainnya. Terdapat 3 keunggulan yang bisa menjadi acuan untuk menentukan apakah sekolah itu bisa dikategorikan sebagai sekolah yang unggul. antara lain: (Keunggulan komparatif, keunggulan kompetitif, dan keunggualn distinctive). lebih jelasnya akan kami bahas satu per satu.

Keunggulan Komparatif

Keunggulan komparatif ini dapat dilihat dengan membandingkan dengan keunggulan yang dimiliki sekolah lain. berbagai prestasi akademik dan non akademik yang dimiliki sekolah dibandingkan dengan sekolah lain. Seberapa unggul satu sekolah dengan sekolah lainnya. Keunggulan ini juga bisa dilihat dari program-program ekstrakurikuler yang diadakan di sekolah tersebut dibandingkan dengan sekolah lainnya yang sederajat. Jika ekstrakurikuler yang jenisnya sama tetapi suatu sekolah lebih banyak ketrampilan dan  prestasinya dibandingkan dengan sekolah di sekitarya, maka bisa dikatakan sekolah tersebut sudah memiliki keunggulan komparatif.

Keunggulan Kompetitif

Keunggulan ini lebih menekankan pada nilai tambah yang dimiliki dari suatu sekolah. Bagaimana sekolah tersebut dari waktu ke waktu mampu berkompetisi dengan sekolah lainnya untuk meningkatkan manajemen pelayanannya kepada stakeholder, mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah secara baik, manajemen peserta didik, manajemen kelas oleh guru-gurunya, dan manajamen pendidikan lainnya di lingkungan sekolah tersebut.

Keunggulan Distinctive

Terdapat suatu slogan yang cukup akrab dalam keseharian kita yaitu "Inovasi tiada henti". Slogan tersebut dimiliki oleh suatu produk kendaraan bermotor. Slogan ini pun bisa diterapkan dalam lembaga pendidikan. Inovasi dalam manajemen, inovasi dalam pelayanan kepada mahasiswa, inovasi terhadap program-program sekolah untuk dijadikan program unggulan. Sekolah memiliki perbedaan, menjadi leading, menjadi pelopor dalam berinovasi. Misalnya; suatu sekolah memiliki keunggulan distinctive yang tidak dimiliki sekolah lainnya dalam bentuk program tahfidz Qur'an dengan jaminan sampai kelas 6 sudah dapat menghafalkan minimal 2 juz Al Qur'an . di sinilah peran kepala sekolah berupaya untuk berinovasi. Contoh keunggulan distinctive lainnya, seperti dalam bidang literasi digital, dimana semua siswa harus memiliki blog sendiri dan diisi sesuai kemampuan siswa. Sementara sekolah lainnya belum menerapkan program tersebut. Program ini sebenarnya dapat beriringan dengan promosi keberadaan sekolah. bisa dibayangkan kalau semua siswa sudah memiliki blog masing-masing, dan tugas-tugas sekolahnya juga diungah di blog tersebut, maka semua informasi mengenai sekolah akan dapat diakses dengan mudah, terutama dengan mudah bisa dicari di mesin pencarian.

Jika sekolah sudah memiliki ketiga keunggulan tesebut, maka orang tua tidak perlu lagi merasa ragu-ragu untuk menyekolahkan anakya. Meskipun sekolah tersebut tidak diberi nama sekolah unggulan, tetapi bisa dipastikan sekolah tersebut adalah sekolah yang berbasis pada keunggulan.



0 comments:

Posting Komentar