f ' Desember 2022 ~ Inspirasi Pendidikan

Inspirasi Pendidikan untuk Indonesia

Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi, juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan.

Bersama Bergerak dan Menggerakkan pendidikan

Kurang cerdas bisa diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki (Bung Hatta)

Berbagi informasi dan Inspirasi

Tinggikan dirimu, tapi tetapkan rendahkan hatimu. Karena rendah diri hanya dimiliki orang yang tidak percaya diri.

Mari berbagi informasi dan Inspirasi

Hanya orang yang tepat yang bisa menilai seberapa tepat kamu berada di suatu tempat.

Mari Berbagi informasi dan menginspirasi untuk negeri

Puncak tertinggi dari segala usaha yang dilakukan adalah kepasrahan.

Sabtu, 31 Desember 2022

SELAMAT TAHUN BARU 2023

 


Tahun Baru 2023 telah menjelang. Masyarakat pun menyambut dengan penuh suka cita. Pemerintah kabupaten/kota melengkapi kegembiraan masyarakat dengan mengadakan berbagai pertunjukan seperti konser music, festival, pameran dll.sebagaian masyarakat yang memilih menghabiskan tahun 2022 di rumah bersama keluarga sekedar bercengkerama menjalin keakraban, nonton bareng bersama keluarga di rumah, bakar ikan, bakar jagung bersama tetangga, mengadakan doa bersama dan berbagai aktivitas lainnya.
Semua boleh dilakukan, asalkan positif dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Seperti biasanya menjelang pergantian tahun selalu diiringi dengan bunyi mercon, kembang api dll. seolah kegembiraan itu bisa menjadi momentum untuk lebih bersemangat dalam segala hal, karier, pekerjaan, relasi, network dll menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Tetapi satu hal yang perlu diingat bahwa masa depan hakekatnya adalah harapan. dan tugas kita adalah mewujudkan semua harapan di tahun 2023 menjadi sebuah kenyataan. Masa lalu adalah kenangan, dan setiap yang berlalu adalah cermin hidup untuk berkaca diri. Mereka yang beruntung adalah yang bisa menggunakan pahitnya masa lalu untuk mengecap manisnya di masa depan, dan mereka yang mengecap manisnya masa lalu untuk tetap terjaga dan tidak lalai di masa depan.

Selamat Tahun Baru 2023, semoga kesuksesan miliki kita semua, Mari bersama kami untuk tetap memberikan inspirasi, menjadikan pendidikan sebagai pilar kemajuan suatu bangsa yang bermartabat.
salam dari www.inspirasipendidikan.com

Minggu, 11 Desember 2022

Jalan Terjal Menuju Kesuksesan

 


JALAN TERJAL MENUJU KESUKSESAN

Kesuksesan menjadi harapan bagi semua orang. Bagi anak sekolah kesuksesan bisa jadi diukur dari keberhasilannya dalam mengerjakan semua tugas sekolah, mendapatkan peringkat yang baik di sekolah atau saat memenangkan sebuah perlombaan baik di bidang akademik maupun non akademik. Bagi seorang pekerja/ pegawai, kesuksesan bisa diukur dari keberhasilannya menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya, memajukan dan mengembangkan organisasi/institusi/perusahaan tempat bekerjanya. Bagi seorang petani, kesuksesan bisa ditandai dari keberhasilannya menghasilkan panen yang melimpah, sehingga bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. Bagi seorang guru, kesuksesan dapat diukur dari sejauh mana guru tersebut mampu membuat peserta didiknya berhasil melampaui capaian pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Singkatnya kesuksesan memiliki parameter yang berbeda, tergantung profesi dan sudut pandang yang menilai.

Meskipun semua menginginkan sebuah kesuksesan, tetapi untuk meraihnya tidaklah mudah. Perlu kerja keras, kerja cerdas, ketekunan dan kegigihan dalam menyingkirkan semua rintangan yang ada. Dalam konteks dunia kerja seringkali kita temui justru yang menjadi penghalang bisa berasal dari teman sejawat bahkan terkadang dari atasan sendiri. Iklim yang terbentuk di tempat kerja akan sangat berpengaruh terhadap kompetisi dalam pencapaian prestasi dan pada akhirnya menghalangi seseorang untuk meraih kesuksesannya. Tidak jarang kita temui teman sejawat yang memiliki sikap/perilaku menjelek-jelekkan kinerja teman sejawatnya, melaporkan kepada atasannya, atau bahkan mengadu domba satu teman dengan yang lainnya. Hal tersebut semata-mata agar dianggap oleh atasan sebagai orang yang pandai, bisa memberi informasi, dan tentu saja pada gilirannya akan menguntungkan diri sendiri, misalnya ada tendensi untuk bisa diangkat sebagai orang kepercayaan atasan atau kenaikan jabatan meskipun dengan menginjak teman sendiri.

Bagaimana jika kita memiliki teman sejawat yang seperti itu? Bagaimana bisa meraih kesuksesan? Pertanyaan yang sejenis pun akan sangat banyak terlontar. Jawabannya adalah tergantung dengan bagaimana kita mensikapi hal-hal negatif tersebut secara bijak dan proporsional. Kita harus tetap fokus pada pekerjaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dibebankan, sesuai dengan job description yang berlaku. Makian, cacian, gossip, dan hal-hal negatif yang ditujukan kepada kita itu harus dianggap sebagai bahan untuk terus memperbaiki diri, jangan sampai membuat pribadi menjadi lemah, yang akhirnya menjadi pembenaran terhadap prasangka negatif terhadap diri kita.

Bukankan sudah lazim kita dengar bahwa semakin tinggi kita mendaki, semakin kencang angin menerpa, tetapi semakin indah pemandangan. Jawablah semua nyinyiran dari siapapun di sekeliling kita dengan prestasi, tidak perlu mencari pembenaran diri. Pun begitu juga jika ada teman lain yang berprestasi, maka tidak perlu sakit hati atau iri, tapi jadikanlah teladan untuk ditiru, bagaimana agar kita juga mampu berprestasinya. Akan lebih baik lagi jika kita berteman dengan orang-orang yang berprestasi dan selalu menebarkan aura positif dalam bekerja.

Jalan sukses setiap orang tentu berbeda, perjuangan harus tetap dilakukan. Tetapi jika lingkungan anda sudah semakin tidak kondusif, tidak mendukung dalam meraih kesuksesan, tidak memberikan support dalam meraih jenjang karir yang lebih baik, terlebih dihuni oleh orang-orang yang selalu berpikiran negatif, bertindak tidak produktif, maka sebaiknya anda mencari lingkungan lain yang bisa membuat diri anda nyaman, bisa berkembang dan terlebih lagi kesuksesan dapat diraih di tempat yang baru. Husnudlonnya adalah mungkin Allah SWT telah mempersiapkan tempat baru bagi anda untuk terus berkembang lebih baik, meraih kesuksesan dan memberikan manfaat kepada sesama, meskipun di tempat yang berbeda. (Har)