f ' PERANTAUAN: TEMPAT YANG MENDEWASAKAN ~ Inspirasi Pendidikan

Jumat, 13 Januari 2023

PERANTAUAN: TEMPAT YANG MENDEWASAKAN

Kata merantau seringkali kita dengar di masyarakat. secara sederhana dapat didefinisikan merantau adalah meninggalkan tempat tinggal menuju tempat yang lain untuk tujuan bekerja, mendapatkan pendidikan, untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dari segi ekonomi maupun sosial, dalam jangka waktu yang lama. Seringkali untuk mengawali merantau, meninggalkan kampung halaman, sanak saudara, teman-teman, merupakan hal yang berat. Tetapi tekad yang kuat, kondisi yang dirasa kurang sejahtera, keberhasilan dan kesuksesan orang lain setelah merantau, bisa memacu keberanian diri untuk merantau di luar daerah asalnya bahkan sampau luar negeri.


Apa yang harus dipersiapkan untuk merantau? pertanyaan seperti ini kerap menjadi pertayaan bagi calon perantau. Yang harus dipersiapkan adalah:
(1) Mental: Siapkan mental, camkan dalam benak pikiran bahwa kamu adalah seorang perantau yang handal, ulet, pantang menyerah, optimis bahwa di tempat yang baru kamu akan meraih keberhasilan sebagaimana yang kamu inginkan. disinilah mimpi masa depanmu akan bermula.
(2) Siap menghadapi tantangan; Jangan pernah menduga bahwa merantau itu hal yang mudah, maka persiapkan dirimu untuk menghadapi segala kesulitan. dengan demikian kamu tidak akan mudah patah arang di tanah perantauan.
(3) Pelajari budaya di tanah rantau; Ingatlah peribahasa ini, "Dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung," sehingga hormati budaya di tanah rantau. 

Manfaat Merantau
Apa saja manfaat merantau? bagi kamu yang sudah merantau pasti sudah merasakan manfaatnya. tetapi bagi kamu yang akan memulai untuk merantau, maka manfaat berikut ini yang akan kamu dapatkan:
(1) Memiliki kemampuan untuk beradaptasi di lingkungan yang baru
(2) menghargai perbedaan sosial, agama, suku, ekonomi, pendapat dll. dengan menghargai perbedaan ini seorang perantau tidak akan menjadi orang yang terlalu fanatik, tidak membuka diri dari masukan dan pendapat orang lain.
(3) Meningkatkan kemampuan menjadi pribadi yang mandiri. tidak tergantung kepada orang tua/ keluarga. 
(4) Memperluas jaringan pertemanan, dengan sendirinya peluang berwirausaha juga semakin besar karena network yang dibangun di tanah perantauan.
(5) Mendapatkan tantangan dan pengalaman baru yang menarik dan bermanfaat untuk masa depan.
(6) Meningkatkan kemampuan manajemen diri, khususnya manajemen keuangan
(7) Menyadari pentingnya keluarga. Hidup di tanah perantauan yang jauh dari keluarga tentu akan mengakibatkan rasa kangen/ rindu dengan keluarga. kondisi inilah yang bisa menyadarkan betapa pentingnya keluarga.
(8) Menjadi pribadi yang pandai bersyukur. Jika kehidupan di perantauan ternyata lebih baik dari sebelumnya, maka dengan sendirinya keberhasilan itu erlu disyukuri.



Hasil Merantau
(1) Bagi kamu yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa yang merantau jauh untuk menuntut ilmu, maka hasil yang diperoleh dari merantau adalah bertambahnya pengetahuan, sikap yang lebih positif dan ketrampilan yang lebih baik untuk bekal hidup di masyarakat.
(2) Bagi kamu yang merantau untuk bekerja, maka selain yang tersebut pada nomor satu juga harusnya mendapatkan perbaikan taraf kesejahteraan, peningkatan taraf ekonomi dibandingkan kondisi sebelumnya. 
(3) Mampu memikul tanggung jawab terhadap diri sendiri bahkan keluarga
(4) Menjadi bagian dari solusi dari tiap masalah yang dihadapi
(5) Bisa membalas budi atas jasa orang tua, sebagai bukti bakti anak kepada orang tuanya. (HAR, 13/1/23)

0 comments:

Posting Komentar