f ' MENGAPA MAHASISWA HARUS BERWIRAUSAHA? ~ Inspirasi Pendidikan

Sabtu, 04 Februari 2023

MENGAPA MAHASISWA HARUS BERWIRAUSAHA?

 


MENGAPA MAHASISWA HARUS BERWIRAUSAHA?
Oleh: Dr. Hariyanto, M.Pd*

Wirausaha, berasal dari dua kata yaitu  “wira” yang artinya satria, berani, patriot dan teladan. “Usaha” yang artinya berusaha, upaya pengerahan tenaga dan segala sumber daya. Jika digabungkan maka bisa memiliki pengertian sebuah keberanian untuk mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki seseorang untuk melakukan sebuah pekerjaan. Secara tersirat dari pengertian tersebut terdapat aspek kemandirian di dalamnya yang didasari  sebuah kesadaran dan keberanian memulai dan menjalankan sebuah usaha.

Jumlah penduduk di Indonesia pada semester 1 tahun 2022, tepatnya bulan juni 2022 menurut data yang ada adalah 275.361.267 (www.dukcapil.kemendagri.go.id). Jumlah yang sangat besar. Tentu saja dari jumlah tersebut kita memiliki potensi sumber daya manusia yang begitu besar apabila SDMnya memiliki kualitas untuk membangun negeri ini. pertanyaan yang sering kita dengar adalah mengapa Indonesia yang memiliki kekayaan alam besar dan penduduk besar tetapi belum mampu menjadi negara yang maju, bahkan masih kalah dengan negara-negara di Asia yang dari jumlah penduduknya lebih kecil dan wilayah negaranya lebih kecil, serta sumber daya alamnya lebih sedikit. Misalnya Jepang, Singapura, Korea selatan.

Menjawab pertanyaan tersebut, mari sedikit kita cermati dari sisi kewirausahaan sebagaimana judul yang tertulis di atas.. Jika merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, rasio jumlah wirausaha di Indonesia masih sebesar 3,47 persen atau hanya sekitar 9 juta orang dari total jumlah penduduk. Kendati naik dari 2016 yakni 3,1 persen. Menurut Ketua BPP HIPMI, Mardhani H. Maming (2022), untuk menjadi sebuah negara yang maju memerlukan jumlah pengusaha 12-14% dari total penduduknya (www.medcom.id). Dengan demikian Indonesia masih kekurangan 30 juta-40 juta entrepreneur agar rasionya mencapai 12%-14% dari total jumlah penduduk.

Angka pengangguran di Indonesia sebagaimana dilansir oleh BPS, bahwa Angka Pengangguran Terbuka (APT) pada bulan agustus mencapai 5,86%, mengalami penurunan sebesar 0.6 % dibandingkan data pada bulan Agustus 2021. Terdapat 4,15 juta orang (1,98 persen) penduduk usia kerja yang terdampak COVID-19. Terdiri dari pengangguran karena COVID-19 (0,24 juta orang); Bukan Angkatan Kerja (BAK) karena COVID-19 (0,32 juta orang); sementara tidak bekerja karena COVID-19 (0,11 juta orang); dan penduduk bekerja yang mengalami pengurangan jam kerja karena COVID-19 (3,48 juta orang).

Berdasarkan data tersebut di atas, maka pemerintah terutama melalui pendidikan tinggi terus berupaya untuk menggalakkan program-program yang bisa membekali mahasiwa keterampilan-keterampilan, soft skill, hard skill, memberikan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kepada dosen, mengadakah Program Kreativitas Mahasiswa, dll. semua dilakukan dalam rangka menciptakan lulusan perguruan tinggi yang memiliki daya saing dan tidak menjadi beban negara karena setelah lulus kuliah, yang hanya menjadi pengangguran intelektual. Kebijakan lainnya yang dilakukan kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan adalah menginstruksikan perguruan tinggi agar membekali mahasiswa dengan mengajarkan mata kuliah kewirausahaan.

Pemberian mata kuliah Kewirausahaan tersebut tentu saja tidak serta merta dapat segera menciptakan lulusan yang menjadi seorang wirausaha. Bagaimanapun harus diakui bahwa penciptaan lulusan perguruan tinggi yang menjadi seorang wirausahawan, tidak serta merta mudah untuk dilaksanakan. Berdasarkan bukti empiris di lapangan, terdapat kecenderungan bahwa lulusan perguruan tinggi lebih senang memilih bekerja dengan tingkat kenyamanan/ keamanan serta kemapanan dalam waktu yang singkat. Faktanya dapat dilihat dari jumlah lulusan perguruan tinggi yang melamar ASN atau PPPK, jumlahnya sangat besar. Hal itu sudah mengindikasikan bahwa ASN adalah pekerjaan yang paling nyaman dan aman di mata lulusan perguruan tinggi. Maka inilah PR yang berat untuk pemerintah, karena kembali lagi dengan yang penulis sampaikan di atas, Indonesia masih membutuhkan 30 juta-40 juta wirausahawan baru untuk bisa menjadi sebuah negara yang maju, terutama dari sisi ekonominya.

Meskipun demikian, Perguruan Tinggi tidak boleh berpatah arang, harus selalu berupaya dan bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat demi Indonesia yang lebih maju. Beberapa hal dapat dilakukan antara lain:

(1)    Mengembangkan dan membiasakan unjuk kerja yang mengedepakan ide kreatif dalam berpikir dan sikap mandiri bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran (menekankan model latihan, tugas mandiri, problem solving, cara mengambil keputusan, menemukan peluang, dst);

(2)    Menanamkan sikap dan perilaku jujur dalam komunikasi dan bertindak dalam setiap kegiatan pengembangan, pendidikan, dan pembelajaran sebagai modal dasar dalam membangun mental entrepreneur pada diri mahasiswa;

(3)   Para praktisi pendidikan juga perlu sharing dan memberi support atas komitmen pendidikan mental entrepreneurship ini kepada lembaga-lembaga terkait dengan pelayanan bidang usaha yang muncul di masyarakat agar benar-benar berfungsi dan benar-benar menyiapkan kebijakan untuk mempermudah dan melayani masyarakat;

 Kemajuan, kemakmuran, keadilan dan kesejahteraan bangsa Indonesia adalah dambaan seluruh rakyat Indonesia. Maka sebagai rakyat yang bernaung di bawah rumah besar Indonesia, kita semua dengan segala kemampuan serta profesi yang dimiliki memiliki tanggung jawab sesuai kapasitas yang dimiliki untuk mewujudkan cita-cita mulia tersebut. Dan menjaga agar ”rumah Indonesia” tetap berdiri kokoh diantara ”rumah-rumah” atau negara lainnya. (HAR)

 ------------ 
* Penulis adalah pemerhati di bidang pendidikan

0 comments:

Posting Komentar