f ' FAMILY GATHERING DAN PENGAMBILAN RAPORT DI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO ~ Inspirasi Pendidikan

Sabtu, 24 Juni 2023

FAMILY GATHERING DAN PENGAMBILAN RAPORT DI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO

POMG Jenjang Kelas 2 bersama Kepala SDIT Qurrota A'yun, Wijiati, S.TP., S.Pd

inspirasipendidikan.com-SDIT Qurrota A’yun selalu menghadirkan inovasi dalam memberikan pelayanan pendidikan terbaiknya. Kali ini dilaksanakan melalui konsep baru penerimaan raport yang digabung dengan kegiatan family gathering. Jika di lembaga pendidikan lainnya, sekolah hanya memberikan informasi dan laporan pendidikan melalui wali kelas masing-masing di sekolah, tetapi SDIT Qurrota A’yun melakukan terobosan baru dengan menggandeng POMG (Paguyuban Orang Tua Murid dan Guru). Semua persiapan dan pelaksanaan acara penerimaan raport, termasuk ide acara yang dilakukan semua diserahkan semuanya kepada POMG di setiap jenjangnya. Pihak sekolah hanya tinggal membagikan raport kepada orang tua/ wali murid. Sedangkan siswa-siswinya mengikuti acara yang dipersiapkan POMG. Uniknya lagi tempat pelaksanaan penerimaan raport ditentukan oleh POMG, sesuai kesepakatan orang tua dan bisa bertempat di luar sekolah.
Siswa siswi jenjang kelas 2
Hari Sabtu, 24 Juni 2023 dilaksanakan acara penerimaan raport pada semester genap secara bersamaan di beberapa tempat yang berbeda. Pada jenjang kelas 2 dilaksanakan di sekolah, tepatnya di Lapangan SDIT Qurrota A’yun. Kegiatan dimulai pada pukul 06.30 sampai selesai. Acara yang digelar untuk jenjang kelas 2 ini dimulai dengan sarapan  pagi bersama, dilanjutkan senam pagi bersama wali murid/ orang tua, guru dan semua siswa siswi kelas 2. Keseruan bertambah ketika semua siswa-siswa mengikuti Fun Games dan pembagian doorprize yang dihandle oleh pengurus POMG. Ketika para siswa sedang asyik mengikuti Fun Games, Orang tua secara bergiliran menerima laporan pendidikan/ raport dari wali kelas masing-masing. Pada kesempatan ini orang tua diberikan kesempatan untuk berbagi masukan, dan menerima laporan perkembangan anak dari wali kelas. Sedangkan jenjang kelas 4 akan dilaksanakan di Lapangan Futsal SDIT Qurrota A’yun pada tanggal 25 Juni 2023.

Jenjang Kelas 5 di Makodim Ponorogo

Pada jenjang kelas 3 dan kelas 5, siswa –siswi mendapatkan kesempatan berharga, karena dilaksanakan di Kodim Ponorogo. outbond dan parenting digelar di Kodim Ponorogo oleh jajaran Kodim. Mereka juga mendapatkan pengetahuan dan dasar-dasar bela negara. Bagaimana TNI berjuang mempertahankan NKRI dan bagaimana seharusnya seorang siswa mencintai tanah airnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Di tempat lainnya juga digelar acara penerimaan raport dan Fun Games untuk jenjang kelas 1, yang bertempat di Wengker Park. Acara yang dimotori oleh pengurus POMG jenjang kelas 1 ini juga berhasil dilaksanakan dengan menyenangkan dan berkesan bagi para siswa serta orang tua karena dikemas dengan fun games.

Jenjang Kelas 1 di Taman Wengker

Kepala Sekolah SDIT Qurrota A’yun Ponorogo, Ibu Wijiati, S.TP., S.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa haru dan bangga, serta ucapan terima kasih kepada semua orang tua/ wali murid atas partisipasinya mengikuti acara sampai selesai. Terutama kepada POMG yang mempersiapkan, dan bersedia melaksanakan secara keseluruhan penerimaan raport pada semester ini. ini semua membuktikan bahwa POMG adalah mitra strategis untuk pengembangan pendidikan. Beliau meminta agar kerjasama ini berkelanjutan, sehingga dapat memajukan pendidikan di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo.

Pembinaan Cinta NKRI melalui outbond oleh anggota KODIM
Menanggapi konsep acara penerimaan yang baru ini, Kepala sekolah yang memimpin sekolah yang berpredikat sebagai sekolah penggerak ini menyampaikan bahwa sinergi yang kuat antara guru, orang tua dan masyarakat menjadi salah satu kunci sukses keberhasilan pendidikan. “Saya kira inilah momentum yang tepat. Sekaligus uji coba untuk program sukses pelibatan keluarga dan masyarakat di tahun pelajaran yang akan datang.” Tegasnya.

Jenjang Kelas 3 di Kodim Ponorogo
Seperti diketahui bahwa SDIT Qurrota A’yun yang terletak di Jalan Lawu No 100 ini selalu memiliki cara terbaik untuk melibatkan orang tua, masyarakat demi kepentingan anak didiknya. Selain berbagai prestasi yang telah diraih oleh sekolah, peserta didik dan guru, maka inovasi dalam pengembangan pendidikan seperti ini bisa menginspirasi sekolah lainnya dalam rangka  mensinergikan tri pusat pendidikan demi menghadirkan pendidikan yang bermutu. (HAR, 24/6/23)

0 comments:

Posting Komentar