f ' SDIT QURROTA A'YUN SELENGGARAKAN WISUDA JUZ 30 DAN HADITS APLIKATIF ~ Inspirasi Pendidikan

Sabtu, 06 Januari 2024

SDIT QURROTA A'YUN SELENGGARAKAN WISUDA JUZ 30 DAN HADITS APLIKATIF

inspirasipendidikan.com- SDIT Qurrota A'yun Ponorogo sukses menggelar acara Wisuda Tahfidz Qur'an dan Hadits aplikatif. Acara yang digelar di gedung PGRI Ponorogo pada tanggal 06 Januari 2024 itu diikuti oleh siswa-siswi jenjang kelas 3 berjumlah 84 wisudawan. Acara tersebut juga dihadiri oleh kedua orang tua / wali murid, para kepala sekolah di bawah naungan yayasan Qurrota A'yun Ponorogo, Komite sekolah dan Ketua Yayasan serta jajaran pengurus yayasan lainnya. Yang menarik dari wisuda kali ini adalah tidak hanya dilakukan wisuda dan uji publik melainkan ada tambahan yaitu uji publik hadits aplikatif. 

Para peserta didik kelas 3 Umar bin Khattab didampingi orang tua

Kepala SDIT Qurrota A'yun Ponorogo, Wijiati, S.TP, S.Pd dalam sambautannya menyampaikan bahwa inovasi dengan menambahkan uji publik hadits aplikatif ini adalah agar para siswa tidak hanya mencintai AL Qur'an dengan menghafalkannya, tetapi juga mengingat Hadits. Karena bagaimanapun sebagai umat Islam harus berpedoman pada Al Qur'an dan Al Hadits. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa hadits aplikatif adalah hadits-hadits pendek yang biasa digunakan sebagai pedoman dalam keseharian. misalnya hadits makan dan minum, hadits suka memberi, hadits tentang menebarkan salam, dll. Kepala sekolah yang juga peraih kepala sekolah inovatif peringkat 1 Jawa Timur tahun 2023 itu juga bersyukur sekali karena ada peningkatan dalam capaian kualitas hafalan para peserta didik, karena prosentase yang mendapatkan predikat mumtaz pada tahun ini mencapai 80 % dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 50%. Hebatnya lagi terdapat 8 peserta didik pada waktu ujian sekali duduk tingkat kesaahannya nol, artinya mereka bisa menghafal juz 30 dan hadits secara keseluruhan tanpa kesalahan sama sekali.

Sementara itu Ketua Yayasan Qurrota A'yun, H. Ahmad Marsudin, M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan mengajak seluruh orang tua wali murid untuk terus memberikan dukungan agar anak-anak juga bisa menjaga hafalannya di rumah dengan cara muroja'ah setiap hari di rumah, selain itu mereka juga harus terus dibimbing agar bisa menghafalkan Juz 29. sehingga nantinya di kelas 5 mereka minimal sudah hafal juz 29 dan juz. 30. syukur lagi kalau ada hafal 5 atau 6 juz sebagaimana target yang ditetapkan untuk anak-anak yang mengambil program takhasus. Ketua yayasan juga menegaskan pentingya sinergi yang terus dbangun untuk lebih erat dan berkembang baik, sehingga semua program kerja/ kegiatan yang diadakan SDIT QA bisa berjalan dengan baik seperti yang hari ini dilaksanakan.

Shamita bersama orang tua dan kepala SDIT QA, Wijiati, S.TP.,S.Pd  (baju BIRU)

Acara Wisuda berlangsung dengan hikmat, dibuka dengan hadrah yang dimainkan para siswa siswi SDIT Qurrota A'yun dan dipandu oleh pembawa acara yang menggunakan 3 bahasa, yaitu bahasa Arab, Inggris dan Bahasa Indonesia oleh para peserta didik dari SDIT Qurrota Ayun.  Kehikmatan itu berlangsung sejak para wisudawan memasuki ruangan hingga tiba saatnya mereka diuji di depan orang tua/ wali murid yang hadir. Selain Penguji dari SDIT QA, orang tua/ undangan juga dipersilahkan jika ingin bertanya dan menguji para  wisudawan. 

Setelah uji publik selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan pelantikan wisudawan yang diawali dengan pembacaan SK Kepala Sekolah tentang para wisudawan dan dilanjutkan pemberian sertifikat serta mahkota kepada masing-masing wisudawan. Acara menjadi menahru biru ketika para wisudawan menyanyikan lagu hafidz Qur'an dan kemudian turun dari atas panggung menuju ke kursi kedua orang tua untuk sungkem dan memakaikan mahkota kepada ayah bundanya. Banyak dari para orang tua yang tak kuasa membendung air mata karena merasa haru, bahagia, karena anak-anaknya sudah berprestai bisa menghafal juz 30. Acara berakhir pada jam 12.00 dengan foto bersama dengan wisudawan dan orang tua. 

0 comments:

Posting Komentar