f ' Maret 2024 ~ Inspirasi Pendidikan

Inspirasi Pendidikan untuk Indonesia

Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi, juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan.

Bersama Bergerak dan Menggerakkan pendidikan

Kurang cerdas bisa diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki (Bung Hatta)

Berbagi informasi dan Inspirasi

Tinggikan dirimu, tapi tetapkan rendahkan hatimu. Karena rendah diri hanya dimiliki orang yang tidak percaya diri.

Mari berbagi informasi dan Inspirasi

Hanya orang yang tepat yang bisa menilai seberapa tepat kamu berada di suatu tempat.

Mari Berbagi informasi dan menginspirasi untuk negeri

Puncak tertinggi dari segala usaha yang dilakukan adalah kepasrahan.

Minggu, 31 Maret 2024

PUISI: RATAPAN DARI KHAN YAUNIS

 Karya: Shakayla Adzkiya El Queena


Boomm.. bomm..boom
Puluhan rudal melesat menghancurkan
Puluhan gedung, puluhan masjid., gereja, rumah sakit  rata tak bersisa
Jerit tangis, ratap pilu, melebur satu
Berseliweran jet tempur, drone,  dan peluru
Nyawa melayang berpuluh ribu
Khan Yunis menjadi saksi tragis bengis zionis

Nun.. di bawah puing masjid  di sudut kota Khan Yunis
Seorang gadis kecil menangis tersedu
Jilbabnya kumal berdebu
Wajahnya sayu, calar luka berdarah di pipi, tangan,  kaki dan pundaknya
Ayah... ayah.. ibu..kakak... kau dengar aku?
Ia berteriak hingga serak
Sesekali mencari celah untuk masuk ke reruntuhan
Seorang relawan mendekat  bertanya
Dimana  ayahmu Nak?
Di dalam sana, dibawah sana
Dimana ibumu Nak?
Didalam sana, dibawah reruntuhan
Dimana kakakmu Nak?
Di bawah sana,.saat mereka sedang sholat
Sebuah  rudal menghancurkan

Ayahmu, ibumu,  kakakmu bersama ratusan lainnya 
Telah pergi bersama ke syurga
Sang relawan memeluk erat gadis itu.
Dalam dekapan pilu gadis kecil berkata
Ayahku,  ibuku, kakakku  syahid
Kelak aku akan memilih jalan suciku

Kami adalah anak anak yang dibesarkan di tengah kebengisan zionis
Kami adalah anak anak yang dirundung pilu
Dari masa lalu, saat ini dan entah kapan berlalu
Kami adalah anak anak yang dipilih Tuhan
Untuk menjadi saksi kemerdekaan
Kami adalah anak anak yang menjadi martir perjuangan
Kami adalah anak anak yang menjadi penjaga Al Aqsa
Kami hanya punya pilihan syahid  dan merdeka Palestina.
Demi Agama dan Bangsa.
 
Ponorogo, 27  November 2023


Jumat, 29 Maret 2024

RATUSAN WARGA TUMPAH RUAH MENGHADIRI TABLIGH RAMADHAN DI DESA WAGIR LOR

 

Suasana Tabligh Ramadhan

Malam itu bertepatan dengan hari Rabu 27 Maret 2024, Kantor Desa Wagir Lor menjadi semarak dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh para mahasiswi Kebidanan dari Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo. Sejak sore para remaja Karang Taruna Desa Wagir Lor sudah sibuk menata dan mempersiapkan segala sesuatunya.Mulai dari memasang tarup, beckdrop acara, tempat tamu VIP, sound system, dan lain sebagainya yang diperlukan.  Mereka semakin semangat karena yang mendampingi adalah para Mahasiswa yang sudah selama satu bulan melakukan kegiatan KKN atau dalam istilah kampus kebidanan adalah Praktik Kebidanan Komunitas di Beberapa Dukuh yang berada di wilayah Desa Wagir Lor. Malam itu Para Mahasiswa pun mengadakan acara pisah kenang dalam bentuk Tabligh Ramadhan.

Kegiatan tersebut dinamakan tabligh Ramadhan karena acaranya bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Disamping itu acara ini dimaksudkan sebagai sarana silaturahmi kepada masyarakat desa Wagir Lor yang telah hadir di acara tersebut, dan yang telah banyak membantu, mendukung seluruh program kerja mahasiswa selama praktik Kebidanan Komunitas. Disamping itu sebagai tempat untuk berpamitan kepada masyarakat desa Wagir Lor yang memeiliki penduduk yang ramah dan selalu mendukung kegiatan mahasiswa.Hal tersebut disampaikan oleh Indah yang berkesempatan memberikan pidato mewakili mahasiswa. Hal senada juga disampaikan oleh Dr Hariyanto yang pada kesempatan itu mewakili Akbid HMP dalam sambutannya.

Mahasiswi Akbid HMP Penyelenggara Tabligh Ramadhan
Sebelumnya selama satu bulan Mahasiswa telah melaksanakan Praktik Kebidanan Komunitas di semua dukuh di wilayah Desa Wagir Lor. Keberadaan mahasiswa untuk melakukan Survey Mawas Diri dan menemukan berbagai masalah kesehatan khususnya yang terkait dengan kesehatan ibu dan anak. Arum salah satu mahasiswi yang praktik menuturkan bahwa dia dan teman-temannya memiliki kesan yang baik karena masyarakat Desa sungguh sangat ramah, Bidan Desa, Kader, dan perangkat desa sangat membantu semua tugas mahasiswa. Keramahan warga desa juga dsampaikan oleh Lestari yang mengatakan bahawa seringkali mendapat kiriman buah-buahan dari masyarakat, seperti manggis dan durian.

Foto bersama KH. Sujarwo, S.Sos (tengah)

KH. Sujarwo, S.Sos yang memberikan tausiyah mampu menghipnotis masyarakat Desa Wagir Lor dan sekitarnya yang hadir. Gaya ceramah yang humoris dan santai namun berbobot dengan pesan-pesan keagamaan yang mudah dicerna membuat masyarakat yang hadir tidak ada yang meninggalkan tempat kendati sampai pukul 10.30 malam. Apalagi bacaan Sholawat dan lagu-lagu religi yang dilantunkan oleh group Hadrah asal Desa Wagir lor ini begitu menentramkan dan menghibur. Sehingga acara Tabligh Ramadhan yang digelar oleh para Mahasiswa Semester VI Akbid Harapan Mulya Ponorogo ini berlangsung meriah dan sukses lancar sesuai yang diharapkan. Winda Mardiana mewakili Panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan mahasiswa yang bekerja keras sehingga bisa menyelenggarakan acara tersebut. Panitia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Desa Wagir Lor yang telah memfasilitasi acara tersebut, Masyarakat yang membantu baik tenaga maupun finansial, para pemuda dan karang taruna, anggota Banser, dan Polsek Ngebel yang turut memberikan pengamanan pada acara Tabligh Ramadhan. Singkatnya tanpa kerjasama dan bantuan dari berbagai Pihak, maka acara Tabligh Akbar tersebut tidak akan bisa terselenggara dengan baik.

Sebagai calon tenaga kesehatan/ bidan, dalam acara tersebut mahasiswa juga membuka stand untuk konsultasi kesehatan bagi Ibu, Anak dan Remaja yang memiliki masalah kesehatan. Cek kesehatan gratis juga dilakukan seperti pengecekan gula darah, asam urat, dan kolesterol. Kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas ini akan berakhir 30 Maret 2024 atau selama satu bulan. Sekitar pukul 11.30 acara sudah selesai, mahasiswa dan para pemuda bergotong royong membersihkan area kantor desa dan kembali ke tempat tinggal masing-masing. (HAR, 27/3/24)

Galleri Foto Kegiatan:





Senin, 25 Maret 2024

KOMPETENSI LITERASI DIGITAL SEBAGAI INDIKATOR KUALITAS MAHASISWA DI BIDANG LITERASI

 Oleh: Ailin Aulia Febrianti Anam*

Di zaman digital ini, kecakapan literasi digital menjadi esensial bagi setiap individu, termasuk memahami mahasiswa, litrasi digital mencakup kemampuan untuk efektif untuk mengakses, memahami, serta memanfaatkan informasi dalam konteks digital. Kemampuan literasi digita mahasiswa bisa menjadi penunjuk kualitas literasi mereka karena literasi digital mencangkup segala aspek literasi seperti literasi informasi, media, dan teknologi.Literasi informasi meliputi keahlian dalam menemukan, menilai, dan mengaplikasikan informasi dengan efesien, literasi media mencagkup kemampuan dalam memahami dan menggunakan media secara kritis. Sedangkan literasi teknologi merupakan kecakapan untuk enggunakan teknologi secara aman dan efektif.

Mahasiswa yang memiliki kemampuan literasi digital yang handal dapat:
1. Mnemukan informasi yang relevan dan akurat dari berbagai sumber, baik online maupun offline.
2. Melakukan evaluasi kritis terhadap informasi untuk menilai keaslian dan kepercayaannya.
3. Memanfaatkan informasi secara efektif dalam mendukug proses pembelajaran dan riset.
4. Mengomunikasikan informasi secara efisien melalui beragam media: teks, gambar, suara dan video.
5. Berkolaborasi dengan efekif bersama orang lain melalui plattfom digital.
6. Mengamankan diri dari potensi risiko yang mugkin timbul akibat penggunaan teknologi digital.

Kemahiran-kemahiran tersebut menjadi krusial bagi mahasiswa tidak hanya sebagai pendukung proses belajar di perguruan tinggi, tetapi juga sebagai persiapan menghadapi tantangan di dunia kerja. Menurut survei yang dilakukan oleh kementrian komunikasi dan informasi (kominfo) pada tahun 2020, tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam taraf yang menengah, ini menunjukkan bahwa masih ada sejumlah besar masyarakat yang belum memiliki kemampuan literasi digital yang memadai. Situasinya juga sama bagi mahasiswa, di mana masih tedapat sejumlah besar mahasiswa yang belum memiliki keterampiln literasi digital yang memadai. Ini dapat diamati dari keberlangsungan penyebaran informas palsu (hoax), konten yang menyalahi hukum, dan perlaku cyberbullying yang terjadi di lingkungan mahasiswa. Maka dari itu, institusi pendidikan tinggi perlu memberikan pembelajaran mengenai literasi digital kepada mahasiswa. Pembelajaran ini bisa dilakukan melalui mata kuliah yang spesifik, program pelatihan, atau kegiatan di luar kurikulum. Dengan kemahiran literasi digital yang kuat, mahasiswa memiliki potensi untuk menjadi individu yang berkualitas dan siap menghadapi berbagai perubahan dan tantangan di zaman digital.

Literasi digital merupakan keahlian vital yang diperlukan oleh semua, terutama mahasiswa, di era digital ini di mana informasi dan teknologi digital menjadi integral dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk memiliki kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara efektif dalam lingkungan digital.

Kemahiran literasi digital mahasiswa bisa menjadi penanda kualitas mereka dalam literasi karena mencangkup aspek penting seperti literasi informasi, media, dan teknologi. Mahasiswa yang tampil dalam literasi digital akan cenderung memiliki ketrampilan literasi yang lebih komprehensif secara keseluruhan institusi pendidikan tinggi perlu memberikan pelajaraan literasi digital kepada mahasiswa. Hal ini membantu mereka mengembangkan kemampuan literasi digital melalui beragam cara, seperti mata kuliah tertentu, program pelatihan, atau kegiatan di luar kurikulum.  Berharap perguruan tinggi di Indonesia terus meningkatkan usahannya dalam memberikan pendidikan literasi digital kepada mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki kapasitas yang unggul dan siap untuk menghadapi perubahan yang ada di era digital.

--------  

* Penulis adalah Mahasiswa Jurusan MPI Angkatan 2022, IAIN Ponorogo

Minggu, 24 Maret 2024

INOVASI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN MELALUI DIGITAL LIBRARY

 Oleh: Ahmad Mustofaina Ahyar Habibullah*

Pengembangan perpustakaan melalui digital library merupakan sebuah langkah untuk memperluas cakupan pengetahuan dan mempermudah akses bagi masyarakat. Dengan kemajuan teknologi, digital library memberikan kepada kita sebuah solusi inovatif untuk mengatasi sebuah kendala-kendala yang belum dihadapi oleh perpustakaan konvensional.

Perpustakaan digital memiliki fitur-fitur khusus untuk membedakan antara perpustakaan konvensional dengan digital library. Pertama, perpustakaan digital merupakan lembaga atau organisasi yang bertanggung jawab menyediakan akses dan mengelola informasi untuk masyarakat. Kedua, perpustakaan digital merupakan perkembangan dari perpustakaan tradisional, yang diperbarui oleh layanannya dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). perpustakaan digital akan tetap terhubung dengan konsep perpustakaan konvensional dan masih menyimpan koleksi buku dan materi secara manual. Selanjutnya, perpustakaan digital sering dijalankan oleh lebih dari satu perpustakaan, yang memiliki koleksi bahan atau sumber informasi yang unik atau lokal. Mereka akan menyediakan akses digital ke koleksi mereka masing-masing untuk memudahkan dalam mencari informasi. Terakhir, perpustakaan digital memiliki portal web untuk layanan digitalnya. Dengan adanya portal ini, pengguna dengan mudah dapat mengakses berbagai layanan digital yang ditawarkan oleh perpustakaan.

Dengan demikian, perpustakaan digital bukan hanya sekadar representasi digital, tetapi juga merupakan kemajuan yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi layanan, sambil tetap mempertahankan koneksi dengan konsep dasar perpustakaan konvensional. Salah satu aspek positif dari digital library adalah kemudahan aksesibilitas. Dengan batuan digital library ini, kita tidak perlu lagi datang ke perpustakaan untuk mencari buku. Bagi saya ini sangat menguntungkan kita bisa membaca buku dengan memagng ponsel saja, tidak khawatir apabila buku hilang atau pun rusak.

Dengan adanya berbagai format dan jenis materi yang disajikan oleh digital library memberikan pengalaman belajar yang lebih luas. Digital library ini bisa berupa Buku elektronik, rekaman audio, dan materi multimedia lainnya yang memberikan variasi lebih besar untuk pedalaman pengetahuan. Misalnya, kita dapat memilih untuk mendengarkan audio atau membaca buku elektronik, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan belajarnya.

Kemampuan pencarian yang modern juga menjadi nilai tambah yang signifikan. Kita dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari tanpa harus melalui susunan fisik buku. Dengan sistem metadata yang baik, proses pencarian menjadi lebih efisien dan akurat. kita juga perlu mempertimbangkan aspek keamanan dan privasi dalam mengadopsi digital library. Perlindungan data pengguna dan informasi sensitif harus menjadi prioritas utama untuk menghindari risiko penyalahgunaan.

Secara keseluruhan, pengembangan perpustakaan melalui digital library adalah langkah maju yang memberikan manfaat signifikan. Dengan memanfaatkan teknologi, kita dapat menciptakan perpustakaan yang lebih inklusif, dinamis, dan responsive terhadap kebutuhan Masyarakat Indonesia.

----------------------

*Penulis adalah Mahasiswa Jurusan MPI IAIN Ponorogo Angkatan 2022