f ' RATUSAN WARGA TUMPAH RUAH MENGHADIRI TABLIGH RAMADHAN DI DESA WAGIR LOR ~ Inspirasi Pendidikan

Jumat, 29 Maret 2024

RATUSAN WARGA TUMPAH RUAH MENGHADIRI TABLIGH RAMADHAN DI DESA WAGIR LOR

 

Suasana Tabligh Ramadhan

Malam itu bertepatan dengan hari Rabu 27 Maret 2024, Kantor Desa Wagir Lor menjadi semarak dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh para mahasiswi Kebidanan dari Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo. Sejak sore para remaja Karang Taruna Desa Wagir Lor sudah sibuk menata dan mempersiapkan segala sesuatunya.Mulai dari memasang tarup, beckdrop acara, tempat tamu VIP, sound system, dan lain sebagainya yang diperlukan.  Mereka semakin semangat karena yang mendampingi adalah para Mahasiswa yang sudah selama satu bulan melakukan kegiatan KKN atau dalam istilah kampus kebidanan adalah Praktik Kebidanan Komunitas di Beberapa Dukuh yang berada di wilayah Desa Wagir Lor. Malam itu Para Mahasiswa pun mengadakan acara pisah kenang dalam bentuk Tabligh Ramadhan.

Kegiatan tersebut dinamakan tabligh Ramadhan karena acaranya bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Disamping itu acara ini dimaksudkan sebagai sarana silaturahmi kepada masyarakat desa Wagir Lor yang telah hadir di acara tersebut, dan yang telah banyak membantu, mendukung seluruh program kerja mahasiswa selama praktik Kebidanan Komunitas. Disamping itu sebagai tempat untuk berpamitan kepada masyarakat desa Wagir Lor yang memeiliki penduduk yang ramah dan selalu mendukung kegiatan mahasiswa.Hal tersebut disampaikan oleh Indah yang berkesempatan memberikan pidato mewakili mahasiswa. Hal senada juga disampaikan oleh Dr Hariyanto yang pada kesempatan itu mewakili Akbid HMP dalam sambutannya.

Mahasiswi Akbid HMP Penyelenggara Tabligh Ramadhan
Sebelumnya selama satu bulan Mahasiswa telah melaksanakan Praktik Kebidanan Komunitas di semua dukuh di wilayah Desa Wagir Lor. Keberadaan mahasiswa untuk melakukan Survey Mawas Diri dan menemukan berbagai masalah kesehatan khususnya yang terkait dengan kesehatan ibu dan anak. Arum salah satu mahasiswi yang praktik menuturkan bahwa dia dan teman-temannya memiliki kesan yang baik karena masyarakat Desa sungguh sangat ramah, Bidan Desa, Kader, dan perangkat desa sangat membantu semua tugas mahasiswa. Keramahan warga desa juga dsampaikan oleh Lestari yang mengatakan bahawa seringkali mendapat kiriman buah-buahan dari masyarakat, seperti manggis dan durian.

Foto bersama KH. Sujarwo, S.Sos (tengah)

KH. Sujarwo, S.Sos yang memberikan tausiyah mampu menghipnotis masyarakat Desa Wagir Lor dan sekitarnya yang hadir. Gaya ceramah yang humoris dan santai namun berbobot dengan pesan-pesan keagamaan yang mudah dicerna membuat masyarakat yang hadir tidak ada yang meninggalkan tempat kendati sampai pukul 10.30 malam. Apalagi bacaan Sholawat dan lagu-lagu religi yang dilantunkan oleh group Hadrah asal Desa Wagir lor ini begitu menentramkan dan menghibur. Sehingga acara Tabligh Ramadhan yang digelar oleh para Mahasiswa Semester VI Akbid Harapan Mulya Ponorogo ini berlangsung meriah dan sukses lancar sesuai yang diharapkan. Winda Mardiana mewakili Panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan mahasiswa yang bekerja keras sehingga bisa menyelenggarakan acara tersebut. Panitia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Desa Wagir Lor yang telah memfasilitasi acara tersebut, Masyarakat yang membantu baik tenaga maupun finansial, para pemuda dan karang taruna, anggota Banser, dan Polsek Ngebel yang turut memberikan pengamanan pada acara Tabligh Ramadhan. Singkatnya tanpa kerjasama dan bantuan dari berbagai Pihak, maka acara Tabligh Akbar tersebut tidak akan bisa terselenggara dengan baik.

Sebagai calon tenaga kesehatan/ bidan, dalam acara tersebut mahasiswa juga membuka stand untuk konsultasi kesehatan bagi Ibu, Anak dan Remaja yang memiliki masalah kesehatan. Cek kesehatan gratis juga dilakukan seperti pengecekan gula darah, asam urat, dan kolesterol. Kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas ini akan berakhir 30 Maret 2024 atau selama satu bulan. Sekitar pukul 11.30 acara sudah selesai, mahasiswa dan para pemuda bergotong royong membersihkan area kantor desa dan kembali ke tempat tinggal masing-masing. (HAR, 27/3/24)

Galleri Foto Kegiatan:





0 comments:

Posting Komentar