f ' Inspirasi Pendidikan

Inspirasi Pendidikan untuk Indonesia

Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi, juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan.

Bersama Bergerak dan Menggerakkan pendidikan

Kurang cerdas bisa diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki (Bung Hatta)

Berbagi informasi dan Inspirasi

Tinggikan dirimu, tapi tetapkan rendahkan hatimu. Karena rendah diri hanya dimiliki orang yang tidak percaya diri.

Mari berbagi informasi dan Inspirasi

Hanya orang yang tepat yang bisa menilai seberapa tepat kamu berada di suatu tempat.

Mari Berbagi informasi dan menginspirasi untuk negeri

Puncak tertinggi dari segala usaha yang dilakukan adalah kepasrahan.

Rabu, 24 Juli 2024

MENELADANI SIKAP KENEGARAWANAN DARI BUNG HATTA

 Oleh: Hariyanto

Sahabat inspirasi pendidikan, kali ini kami akan berbagi inspirasi dari kisah seorang proklamator Indonesia, Mohammad Hatta, yang akrab disapa Bung Hatta. Beliau lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada tanggal 12 Agustus 1902. Sejak kecil, beliau dididik dalam lingkungan keluarga yang taat beragama dan cinta tanah air. Hatta muda menunjukkan kecerdasan dan kegigihannya dalam belajar.

Pada tahun 1916, Hatta melanjutkan pendidikannya ke Algemeene Middelbare School (AMS) di Padang. Di sanalah ia mulai aktif dalam pergerakan pemuda dan mendirikan organisasi Jong Sumatranen Bond. Pada tahun 1921, Hatta mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi di Belanda. Di Negeri Belanda, beliau aktif dalam organisasi Perhimpunan Hindia (PI) dan menerbitkan majalah "Indonesia" yang kritis terhadap kolonialisme Belanda.

Hatta meraih gelar Doctor in de Staatswetenschappen (Doktor Ilmu Pengetahuan Negara) dari Universitas Erasmus Rotterdam pada tahun 1932. Disertasinya yang berjudul "De Volkenrechtkundige Positie van West-Nieuw Guinea (Kedudukan Hukum Internasional Irian Barat)" menjadi rujukan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Sekembalinya ke Indonesia pada tahun 1932, Hatta semakin aktif dalam pergerakan kemerdekaan. Bersama tokoh-tokoh nasional lainnya seperti Soekarno, beliau mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tahun 1927. Hatta juga aktif dalam berbagai organisasi pergerakan lainnya, seperti Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo) dan Volksraad (Dewan Rakyat). Beliau dikenal sebagai orator ulung dan pemikir yang cerdas, dan pemikirannya tentang ekonomi kerakyatan dan koperasi sangat berpengaruh pada perkembangan bangsa.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, bersama Mohammad Soekarno, Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Beliau kemudian ditunjuk sebagai Wakil Presiden pertama Indonesia dalam Kabinet Indonesia Merdeka. Selama masa jabatannya sebagai Wakil Presiden, Hatta memainkan peran penting dalam berbagai bidang, termasuk:
  • Perundingan Kemerdekaan: Hatta berunding dengan Belanda dalam berbagai perundingan penting, seperti Konferensi Meja Bundar tahun 1949, yang menghasilkan pengakuan kedaulatan Indonesia.
  • Pembangunan Ekonomi: Hatta merumuskan berbagai kebijakan ekonomi untuk membangun Indonesia yang sejahtera, seperti sistem ekonomi kerakyatan dan koperasi.
  • Politik Luar Negeri: Hatta aktif dalam politik luar negeri dan memperjuangkan kemerdekaan negara-negara lain di Asia Afrika.

Sikap Kenegarawanan

Salah satu aspek yang paling menonjol dari kepribadian Hatta adalah sikapnya yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kenegarawanan. Sebagai seorang negarawan, Hatta selalu menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Ia memiliki visi yang jelas tentang arah pembangunan Indonesia dan selalu berusaha untuk mewujudkannya dengan cara-cara yang bijaksana dan penuh tanggung jawab.

Hatta adalah sosok yang sangat sederhana dan rendah hati. Meskipun menduduki posisi penting dalam pemerintahan, ia tidak pernah memamerkan kekuasaannya atau bersikap sombong. Sebaliknya, ia selalu bersikap terbuka dan mudah bergaul dengan rakyat. Hatta juga dikenal sebagai seorang yang sangat disiplin dan konsisten dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil presiden.

Salah satu contoh nyata dari sikap kenegarawanan Hatta adalah ketika ia menolak untuk menjadi presiden setelah Soekarno lengser pada tahun 1966. Pada saat itu, Hatta menyadari bahwa kondisi negara sedang mengalami krisis yang sangat berat, dan ia merasa bahwa dirinya tidak lagi memiliki kapasitas yang cukup untuk memimpin negara. Alih-alih mempertahankan kekuasaannya, Hatta justru memilih untuk mundur dan memberikan kesempatan kepada generasi baru untuk memimpin Indonesia.

Sikap Hatta yang menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi ini sangat patut untuk diteladani oleh generasi muda Indonesia saat ini. Di tengah maraknya praktik korupsi dan nepotisme di kalangan elit politik, sikap Hatta yang jujur, sederhana, dan berintegritas tinggi menjadi cermin bagi para pemimpin masa kini untuk kembali menjunjung tinggi nilai-nilai kenegarawanan.

Selain itu, Hatta juga dikenal sebagai seorang pemikir yang visioner dan progresif. Ia memiliki gagasan-gagasan yang jauh melampaui zamannya, terutama dalam bidang ekonomi. Hatta adalah salah satu arsitek ekonomi kerakyatan yang memperjuangkan kesejahteraan rakyat sebagai tujuan utama pembangunan ekonomi Indonesia. Ia menentang keras kapitalisme dan imperialisme ekonomi yang dianggap merugikan kepentingan rakyat.

Dalam bidang politik, Hatta juga dikenal sebagai seorang demokrat sejati. Ia memperjuangkan demokrasi sebagai sistem pemerintahan yang paling sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia. Hatta percaya bahwa demokrasi dapat menjadi sarana bagi rakyat untuk berpartisipasi aktif dalam proses pengambilan keputusan dan pengelolaan negara.

Pengunduran Diri Sebagai Wakil Presiden

Sejarah Indonesia tidak dapat dipisahkan dari peran dua tokoh penting yang menjadi arsitek kemerdekaan negara ini, yaitu Mohammad Hatta dan Soekarno. Meskipun keduanya memiliki visi dan pendekatan yang berbeda dalam memimpin, hubungan antara Hatta dan Soekarno telah melalui pasang surut yang menarik untuk dicermati. Masa Awal Kemerdekaan dan Kerja Sama Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, Hatta dan Soekarno bekerja sama erat dalam membangun fondasi negara baru ini. Sebagai Wakil Presiden, Hatta berperan penting dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang diperjuangkan oleh Soekarno sebagai Presiden. Keduanya saling melengkapi, dengan Hatta yang lebih berfokus pada pembangunan ekonomi dan tata kelola pemerintahan, sementara Soekarno menjadi sosok yang karismatik dan mampu memobilisasi massa.

Meskipun pada awalnya bekerja sama dengan baik, perbedaan pandangan dan ideologi antara Hatta dan Soekarno mulai muncul ke permukaan seiring dengan perkembangan situasi politik di Indonesia. Hatta, yang lebih moderat dan pragmatis, mulai merasa khawatir dengan kecenderungan Soekarno yang semakin otoriter dan cenderung ke kiri. Sementara itu, Soekarno melihat Hatta sebagai sosok yang terlalu konservatif dan tidak sejalan dengan perjuangan revolusioner.

Pengunduran Diri dari Wakil Presiden Puncak dari perbedaan pandangan antara Hatta dan Soekarno terjadi pada tahun 1956, ketika Hatta memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan Wakil Presiden. Hatta merasa bahwa posisinya semakin terpinggirkan dan tidak lagi memiliki pengaruh yang signifikan dalam pengambilan keputusan penting. Ia juga menilai bahwa Soekarno semakin menjauh dari prinsip-prinsip demokrasi dan cenderung mengarah ke sistem pemerintahan yang otoriter.

Dampak Pengunduran Diri Hatta Keputusan Hatta untuk mengundurkan diri dari jabatan Wakil Presiden memiliki dampak yang sangat signifikan bagi perkembangan politik Indonesia. Kepergian Hatta dari panggung politik nasional meninggalkan kekosongan yang sulit diisi, terutama dalam hal kepemimpinan yang moderat dan pragmatis. Soekarno, yang kini menjadi satu-satunya pemimpin utama, semakin leluasa dalam menerapkan kebijakan-kebijakan yang cenderung otoriter dan ideologis.

Refleksi dan Pembelajaran Hubungan antara Hatta dan Soekarno, dengan segala dinamikanya, menjadi cermin bagi kita untuk memahami pentingnya menjaga keseimbangan dan saling menghargai dalam kepemimpinan nasional. Perbedaan pandangan dan ideologi memang tidak dapat dihindari, namun hal tersebut harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan perpecahan yang merugikan bagi bangsa. Pembelajaran yang dapat kita ambil dari kisah Hatta dan Soekarno adalah pentingnya menjaga kompromi, dialog, dan komitmen bersama dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

Mohammad Hatta wafat di Jakarta pada tanggal 14 Maret 1980 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Beliau dikenang sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berjasa besar dalam memperjuangkan kemerdekaan dan membangun bangsa. Pemikiran dan karya Mohammad Hatta masih relevan hingga saat ini. Beliau adalah sosok yang visioner, cerdas, dan berintegritas tinggi. Semangatnya untuk memperjuangkan kemerdekaan, keadilan sosial, dan demokrasi patut diteladani oleh generasi muda Indonesia.

Meneladani sikap kenegarawanan Hatta menjadi sangat penting bagi generasi muda Indonesia saat ini. Di tengah berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh bangsa, kehadiran sosok-sosok teladan seperti Hatta dapat menjadi inspirasi bagi para pemimpin masa depan


Selasa, 23 Juli 2024

BUYA HAMKA; ULAMA, CENDEKIAWAN, DAN SASTRAWAN YANG CINTA TANAH AIR

Buya Hamka
Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, atau yang populer dengan nama Buya Hamka, adalah seorang ulama, filsuf, dan sastrawan terkemuka Indonesia. Lahir di Sungai Batang, Agam, Sumatera Barat, pada tanggal 17 Februari 1908, Buya Hamka dikenal sebagai sosok multitalenta yang berkontribusi besar dalam berbagai bidang, termasuk agama, pendidikan, dan kesusastraan. 

Sejak kecil, Buya Hamka telah dididik dalam lingkungan keluarga yang religius. Ayahnya, Haji Abdul Karim Amrullah (Haji Rasul), merupakan seorang ulama besar dan pelopor Gerakan Pembaharuan Islam di Minangkabau. Buya Hamka tidak mengenyam pendidikan formal secara teratur. Namun, beliau memiliki semangat belajar yang tinggi dan banyak membaca buku-buku agama, filsafat, dan sastra. Beliau juga pernah berguru kepada beberapa ulama ternama di Minangkabau, seperti Syekh Abdullah Batuah dan Syekh Muhammad Jamil Jambek.

Buya Hamka memulai karirnya sebagai jurnalis di berbagai surat kabar dan majalah, seperti Soeara Oemoem, Fajar Asia, dan Pedoman Masyarakat. Tulisan-tulisannya yang tajam dan penuh semangat mencerminkan pemikiran Islam yang moderat dan kritis terhadap penjajahan Belanda. Pada tahun 1937, Buya Hamka mendirikan Majalah Pembela Islam, yang menjadi salah satu media massa Islam paling berpengaruh di Indonesia. Beliau juga aktif dalam berbagai organisasi Islam, seperti Muhammadiyah dan Persatuan Umat Islam Indonesia (PUII). Inilah cara-cara Buya Hamka dalam melawan penjajahan Belanda, perjuangan dengan tinta dan mencerdaskan Bangsa. Tak jarang ketajaman dakwahnya dan kekritisannya terhadap pemerintah Belanda maupun ketika Indonesia sudah merdeka membuatnya terancam dan menjadikan hubunganya tidak harmonis dengan pemerintah. Misalnya, pada masa Orde Lama, beliau ditangkap dan dipenjarakan oleh Presiden Soekarno atas tuduhan subversif kepada pemerintah. Beliau ditangkap pada tanggal 27 Januari 1964 dan ditahan selama dua tahun empat bulan, tanpa melalui proses pengadilan yang adil.

Meskipun dipenjara, Buya Hamka tetap semangat dan produktif. Beliau menggunakan waktunya di penjara untuk menulis dan menyelesaikan beberapa karyanya, termasuk Tafsir Al-Azhar. Beliau juga tetap memberikan pengajaran agama dan moral kepada para tahanan lainnya. Penahanan Buya Hamka merupakan salah satu contoh pelanggaran hak asasi manusia pada masa Orde Lama. Kejadian ini menunjukkan bagaimana pemerintah Orde Lama menggunakan kekuasaannya untuk membungkam suara-suara kritis, termasuk suara Buya Hamka yang merupakan ulama dan cendekiawan ternama. Beliau dibebaskan pada tanggal 24 Agustus 1966.

Buya Hamka menghasilkan banyak karya tulis, termasuk novel, cerpen, tafsir Al-Quran, artikel, dan buku-buku agama. Beberapa karyanya yang paling terkenal antara lain Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, Di Bawah Lindungan Ka'bah, Manikebu, dan Tafsir Al-Azhar. Karyanya telah diterjemahkan ke berbagai bahasa dan dibaca oleh jutaan orang di seluruh dunia. Buya Hamka menghasilkan karya-karyanya yang luar biasa dengan menggabungkan berbagai faktor, seperti kebiasaan membaca, pengalaman hidup, kemampuan menulis yang luar biasa, disiplin, kegigihan, dan berbagai sumber inspirasi lainnya. Beliau menjadi teladan bagi para penulis dan generasi muda untuk terus berkarya dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat. (Hary, 23/7/2024)


Minggu, 21 Juli 2024

MEMANDU PESERTA DIDIK MENUJU KEMANDIRIAN BERPIKIR KRITIS

Oleh: Dr. Hariyanto, M.Pd*

Era digital saat ini membuat peserta didik dihadapkan dengan informasi yang berlimpah dari berbagai sumber. Informasi tersebut dapat berupa berita, artikel, opini, iklan, dan lain sebagainya. Tidak semua informasi tersebut akurat dan dapat dipercaya. Banyaknya orang yang tidak bijak menggunakan informasi yang diperoleh dari media sosial, kerap kali harus tersandung masalah hukum karena pelanggaran terhadap UU nomor 1 tahun 2024 tentang perubahan kedua atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pengembangan kompetensi berpikir kritis pada peserta didik adalah investasi untuk masa depan mereka. Dengan kemampuan ini, mereka akan menjadi individu yang mandiri, bertanggung jawab, dan mampu berkontribusi secara positif bagi masyarakat.

Kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik, memiliki manfaat yang besar. Manfaat yang dapat diperoleh misalnya: 1) Peserta didik mampu menyaring informasi yang akurat dan relevan. Dengan bekal kemampuan ini, peserta didik dapat belajar memilah dan memilih informasi yang tepat dan bermanfaat bagi dirinya dan bagi orang-orang di sekitarnya. Peserta didik juga akan dapat terhindar dari informasi hoax, yang menyesatkan dan berbahaya. 2) Peserta didik dapat belajar membuat keputusan yang tepat dalam kehidupan mereka. 3) Peserta didik akan aktif dalam masyarakat sebagai warga negara yang kritis dan bertanggung jawab.4) Peserta didik yang kemampuan berpikirnya terasah dengan baik, ketika sudah lulus sekolah dan berada dalam dunia kerja akan dapat belajar dengan cepat dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, mampu memecahkan masalah secara kreatif dan inovatif, bekerjasama dengan orang lain secara efektif dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan persuasif.

Pentingnya kemampuan berpikir kritis sebagaimana dipaparkan di atas, mengharuskan sekolah untuk lebih maksimal mengasahnya. Tentu saja hal ini dimulai dari proses belajar mengajar di kelas, ketika berinteraksi dengan teman sebaya  dan dengan gurunya. Sayangnya, dalam beberapa kasus sering kita jumpai justru oknum gurulah yang memadamkan semangat berpikir kritis dari peserta didik. Misalnya ketika peserta didik bertanya di luar konteks pembelajaran yang dibahas, maka peserta didik mendapatkan tanggapan yang tidak menyenangkan dari guru, atau ketika peserta didik bertanya karena kurang paham terhadap materi yang disampaikan, maka guru menggunakan bahasa tubuh yang kurang mengenakkan atau dengan tanggapan “hal yang mudah saja ditanyakan,” “bodoh amat sih gini saja tidak tahu,” “kamu itu dengerin pakai telinga donk jangan pakai dengkul” dan lain-lain. Ungkapan yang negative ini sesungguhnya merupakan pendangkalan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan lambat laun mereka pun akan mati kekritisannya.

Keterampilan berpikir kritis sebagai sebuah keterampilan di abad ini perlu ditingkatkan. Berbagai macam strategi perlu diterapkan tidak hanya oleh guru di sekolah, tetapi juga oleh orang tua. Strategi yang dapat digunakan antara lain:

1)    Menanamkan budaya berpikir kritis; budaya berpikir kritis ini dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan dan penghargaan kepada peserta didik yang berani untuk bertanya dan mengungkapkan pendapatnya di kelas. Guru juga dapat mendorong peserta didik untuk selalu mempertanyakan informasi yang mereka terima dan mencari jawabannya sendiri. Sebagai sebuah pendapat, guru harus tetap menghargai pendapat siswa meskipun pendapat tersebut berbeda dengan pendapat siswa lainnya. Karena disinilah lingkugan belajar yang aman dan nyaman dalam berdiskusi dan bertukar pikiran akan terbangun.

2)    Membiasakan peserta didik dengan proses berpikir kritis; Ajarkan peserta didik tentang langkah-langkah berpikir kritis, seperti identifikasi masalah, analisis informasi, evaluasi argumen, dan pembentukan kesimpulan. Berikan contoh-contoh bagaimana cara berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari. Gunakan berbagai metode pembelajaran, seperti diskusi, debat, pemecahan masalah, dan proyek.

3)    Memberikan kesempatan untuk berlatih berpikir kritis; Caranya dengan memberikan tugas-tugas yang menantang peserta didik untuk berpikir kritis, seperti menganalisis artikel berita, mengevaluasi iklan, dan memecahkan masalah. Libatkan peserta didik dalam kegiatan yang mendorong mereka untuk bekerja sama dan bertukar pikiran, seperti simulasi, permainan peran, dan proyek kelompok. Berikan umpan balik yang konstruktif kepada peserta didik tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka.

4)     Memanfaatkan teknologi; Guru dapat menggunakan teknologi untuk membantu peserta didik belajar tentang berpikir kritis, seperti permainan edukasi, simulasi, dan aplikasi pembelajaran. Dorong peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai sumber yang kredibel dan terpercaya. Ajarkan peserta didik bagaimana cara mengevaluasi informasi yang mereka temukan di internet.

5)    Dalam pembelajaran di kelas, guru dapat menerapkan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan cara memberikan peserta didik kesempatan untuk memecahkan masalah yang nyata dan kompleks.

6)    Guru juga dapat melaksanakan pembelajaran kolaboratif, mendorong peserta didik untuk berdiskusi dan bertukar ide dengan orang lain.

7)    Memberikan Contoh dan Teladan; Guru dan orang tua harus menjadi teladan bagi peserta didik dalam hal berpikir kritis. Tunjukkan kepada peserta didik bagaimana cara Anda berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari. Berikan contoh bagaimana cara Anda mengevaluasi informasi dan membuat keputusan.

8)    Orang tua mendorong anak untuk selalu mempertanyakan informasi yang mereka terima dan mencari jawabannya sendiri. Budaya untuk berpikir kritis dalam lingkup keluarga yang berpola asuh demokratis akan cepat tumbuh subur.

9)    Orang tua mengajak anak untuk berdiskusi tentang berbagai hal, berikan mereka tugas-tugas yang menantang, dan dorong mereka untuk mencari solusi kreatif.

10)  Jadilah orang tua yang menjadi pendengar yang baik atas ide dan gagasan anak tanpa harus selalu menghakimi, berikan apresiasi dan penghargaan kepada anak yang menunjukkan kemampuan kritisnya di rumah.

11)  Orang tua dapat membiasakan anak dengan berbagai sumber informasi: Ajak anak untuk membaca buku, menonton film dokumenter, dan mengunjungi museum. Membuat aturan dengan kesepakatan bersama tentang penggunaan gadget sehingga anak tidak hanyut dalam pusaran negative dari penggunaan gadget yang berlebihan yang akan berdampak pada kompetensi dan prestasinya.

Bagi seorang pendidik, untuk mengimplementasikan strategi tersebut di atas, maka guru harus memainkan perannya dengan baik, yaitu:

1)   Sebagai Fasilitator, sebagai seorang fasilitator guru harus mampu:

  1. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk berpikir kritis, yaitu lingkungan yang aman, terbuka, dan menghargai perbedaan pendapat.
  2. Memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, seperti diskusi, debat, pemecahan masalah, dan proyek.
  3. Memberikan panduan dan arahan kepada peserta didik dalam proses berpikir kritis, seperti cara mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan menarik kesimpulan.

2)    Sebagai Motivator, yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Memotivasi peserta didik untuk selalu ingin tahu dan mencari informasi.
  2. Membangun rasa percaya diri pada peserta didik untuk berani mengungkapkan pendapat dan ide mereka.
  3. Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang menunjukkan kemajuan dalam kemampuan berpikir kritis mereka.

3)      Sebagai Model, guru harus membiasakan melakukan hal-hal berikut:

  1. Menunjukkan contoh bagaimana cara berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Membiasakan diri untuk berpikir kritis dalam proses pembelajaran dan pengambilan keputusan.
  3. Terbuka terhadap kritik dan saran dari peserta didik.

4)      Sebagai Penilai, yang harus dilakukan guru yaitu:

  1. Mengevaluasi kemampuan berpikir kritis peserta didik secara berkala.
  2. Memberikan umpan balik yang konstruktif kepada peserta didik tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka.
  3. Membuat laporan tentang perkembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik kepada orang tua.

Memainkan peran bagi guru dan orang tua dan megimplementasikan berbagai strategi di atas tidaklah semudah teori. Karena pada selalu ada kendala dan tantangan yang bisa menjadi penghalang dalam mengimplementasikan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Adapun tantangan dan kedala yang dimaksud yaitu:

1)  Kurangnya pemahaman tentang berpikir kritis, Banyak orang yang belum memahami apa itu berpikir kritis dan bagaimana cara mengembangkannya. Hal ini berdapak pada kurangnya komitmen dari berbagai pihak untuk mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis.

2)  Kurikulum dan Pembelajaran yang Tidak Mendukung. Implementasi kurikulum di banyak sekolah masih berfokus pada menghafal dan mengulang informasi, daripada mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Begitu juga metode pembelajaran yang digunakan di kelas tidak selalu mendorong peserta didik untuk berpikir kritis.

3) Kurangnya Sumber Daya. Sekolah seringkali kekurangan sumber daya untuk mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, seperti guru yang terlatih, buku-buku, dan teknologi. Orang tua juga mungkin tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk membantu anak mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis di rumah.

4)   Kebiasaan Berpikir yang tidak tepat. Peserta didik terbiasa berpikir instan dan menerima informasi tanpa mempertanyakannya. Mereka tidak terbiasa untuk menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan membentuk kesimpulan sendiri.

5)   Budaya yang tidak mendukung. Masyarakat pada umumnya tidak menghargai kemampuan berpikir kritis. Orang tua dan guru mungkin tidak mendorong peserta didik untuk berpikir kritis karena takut mereka akan menantang otoritas.

 Solusi dari tantangan dan kendala sebagaimana dipaparkan sebelumya yaitu:

1)   Meningkatkan pemahaman tentang berpikir kritis: Perlu dilakukan kampanye edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang berpikir kritis dan pentingnya mengembangkan kemampuan ini.

2)    Mengembangkan kurikulum dan pembelajaran yang mendukung: Kurikulum dan metode pembelajaran perlu diubah agar lebih fokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis.

3)    Menyediakan sumber daya: Pemerintah, sekolah, dan organisasi lain perlu menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, seperti guru yang terlatih, buku-buku, dan teknologi.

4)    Membiasakan peserta didik dengan kebiasaan berpikir kritis: Peserta didik perlu dibiasakan untuk berpikir kritis sejak usia dini melalui berbagai kegiatan, seperti diskusi, debat, dan pemecahan masalah.

5)     Menciptakan budaya yang mendukung: Perlu diciptakan budaya yang menghargai kemampuan berpikir kritis dan mendorong orang untuk selalu berpikir kritis.

Meningkatkan kompetensi berpikir kritis pada peserta didik adalah tantangan yang besar. Namun, dengan strategi yang tepat dan komitmen dari semua pihak, tantangan ini dapat diatasi. Pengembangan kemampuan berpikir kritis adalah investasi untuk masa depan, dan semua peserta didik berhak untuk mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan ini. Karena itu tanggung jawab dan tugas bersama antara sekolah atau guru, orang tua, dan masyarakat, utamanya pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendorong implementasi keterampilan berpikir kritis bagi peserta didik.

------------
*Penulis adalah pemerhati bidang pendidikan

Rabu, 10 Juli 2024

Mengenal Gurindam

 
Afrilia Eka Prasetyawati, M.Pd (Penulis)

Gurindam adalah salah satu jenis puisi lama yang berasal dari Melayu. Gurindam terdiri dari dua baris dalam setiap baitnya, dengan rima yang sama (AA, BB, CC, dst). Gurindam biasanya berisi nasihat, petuah, atau ajaran moral.

Istilah "gurindam" berasal dari bahasa Sanskerta "kirindam" yang berarti "perumpamaan". Gurindam pertama kali muncul di Riau pada abad ke-16 dan berkembang pesat di abad ke-19.

Ciri-ciri gurindam:

  • Terdiri dari dua baris dalam setiap baitnya.
  • Memiliki rima yang sama (AA, BB, CC, dst).
  • Berisi nasihat, petuah, atau ajaran moral.
  • Baris pertama (syarat) berisi masalah atau perjanjian.
  • Baris kedua (akibat) berisi jawaban atau penyelesaian dari masalah tersebut.

Menyusun Gurindam yang Baik

Berikut adalah beberapa tips untuk menyusun gurindam yang baik:

  • Tentukan tema gurindam. Tema gurindam bisa apa saja, seperti nasihat tentang kehidupan, pendidikan, agama, dan sebagainya.
  • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu rumit atau berbunga-bunga.
  • Gunakan rima yang tepat. Rima yang tepat akan membuat gurindam lebih indah dan mudah diingat.
  • Gunakan majas atau kata kiasan. Penggunaan majas atau kata kiasan akan membuat gurindam lebih menarik dan bermakna.
  • Perhatikan isi gurindam. Isi gurindam haruslah bermanfaat dan dapat memberikan pelajaran bagi pembacanya.
  • Perhatikan struktur gurindam. Struktur gurindam haruslah rapi dan mudah dipahami.

Contoh Gurindam

Berikut adalah contoh gurindam karya Raja Ali Haji yang terkenal dengan judul "Gurindam Dua Belas":
Gurindam Dua Belas
Bait 1
Syarat: Barang siapa mengenal Allah
Akibat: Maka ia kenal diri pula
Bait 2
Syarat: Barang siapa mengenal diri
Akibat: Maka ia mengenal Tuhan pula
Bait 3
Syarat: Barang siapa mengenal dunia
Akibat: Maka ia mengenal akhirat pula
Bait 4
Syarat: Barang siapa mengenal akhirat
Akibat: Maka ia mengenal yang berkuasa
Bait 5
Syarat: Barang siapa mengenal yang berkuasa
Akibat: Maka ia akan hidup dalam selamat sentosa
Bait 6
Syarat: Barang siapa tidak mengenal yang berkuasa
Akibat: Maka ia akan hidup dalam dunia yang fana
Bait 7
Syarat: Barang siapa mengenal Allah
Akibat: Maka ia akan hidup dalam selamat sentosa
Bait 8
Syarat: Barang siapa mengenal diri
Akibat: Maka ia akan tahu bagaimana hidup yang berperi
Bait 9
Syarat: Barang siapa mengenal dunia
Akibat: Maka ia akan tahu bagaimana hidup yang sesungguhnya
Bait 10
Syarat: Barang siapa mengenal akhirat
Akibat: Maka ia akan tahu bagaimana hidup yang kekal
Bait 11
Syarat: Barang siapa mengenal yang berkuasa
Akibat: Maka ia akan hidup dalam taat dan patuh
Bait 12
Syarat: Barang siapa tidak mengenal yang berkuasa
Akibat: Maka ia akan hidup dalam kesesatan dan kemaksiatan

Gurindam di atas merupakan contoh gurindam yang baik karena memiliki tema yang jelas, bahasa yang mudah dipahami, rima yang tepat, penggunaan majas yang menarik, isi yang bermanfaat, dan struktur yang rapi.

Contoh Gurindam Lainnya:
Berikut adalah beberapa contoh gurindam dengan tema yang berbeda:
Gurindam Nasihat
Syarat: Jika hendak mengenal orang berbahagia
Akibat: Sangat memeliharakan yang sia-sia
Syarat: Hendaklah peliharakan kaki
Akibat: Daripada berjalan yang membawa rugi
Syarat: Jika hendak mengenal orang yang baik perangai
Akibat: Lihat pada ketika bercampur dengan orang ramai
Syarat: Bersungguh-sungguhlah engkau memelihara tangan
Akibat: Daripada segala berat dan ringan
Syarat: Jika hendak mengenal orang yang berilmu
Akibat: Bertanya dan belajar tiadalah jemu

Gurindam Pendidikan
Syarat: Ilmu itu bagai pelita hati
Akibat: Terangilah jalannya yang sesat
Syarat: Jika engkau ingin pandai
Akibat: Rajin-rajinlah engkau berlajar
Syarat: Berguru kepada orang yang berilmu
Akibat: Supaya engkau menjadi orang yang terhormat
Syarat: Janganlah engkau malu bertanya
Akibat: Supaya engkau tidak menjadi orang yang bodoh
Syarat: Jika engkau ingin sukses
Akibat: Bekerjalah dengan tekun dan ulet

Gurindam Agama
Syarat: Barang siapa mengenal Allah
Akibat: Maka ia kenal diri pula
Syarat: Barang siapa mengenal diri
Akibat: Maka ia mengenal Tuhan pula
Syarat: Barang siapa mengenal dunia
Akibat: Maka ia mengenal akhirat pula
Syarat: Barang siapa mengenal akhirat
Akibat: Maka ia mengenal yang berkuasa
Syarat: Barang siapa mengenal yang berkuasa
Akibat: Maka ia akan hidup dalam selamat sentosa
Gurindam Cinta
Syarat: Jika engkau ingin dicintai
Akibat: Berikanlah cinta yang tulus dan sejati
Syarat: Janganlah engkau menyakiti hati
Akibat: Supaya engkau tidak disakiti pula
Syarat: Setia dan percayailah kekasihmu
Akibat: Supaya hubunganmu menjadi langgeng
Syarat: Berkomunikasi dengan baik
Akibat: Supaya terhindar dari kesalahpahaman
Syarat: Salinglah menghormati dan menghargai
Akibat: Supaya cintamu semakin kuat dan kokoh

Gurindam Kenegaraan
Syarat: Jika engkau ingin negara yang maju
Akibat: Rajin-rajinlah belajar dan bekerja
Syarat: Cintailah tanah airmu
Akibat: Supaya engkau bersedia membelanya
Syarat: Hormatilah pahlawan yang telah gugur
Akibat: Supaya engkau terinspirasi oleh semangat mereka
Syarat: Jagalah persatuan dan kesatuan bangsa
Akibat: Supaya negara kita menjadi kuat dan kokoh
Syarat: Berikanlah kontribusi yang terbaik untuk negara
Akibat: Supaya negara kita menjadi lebih maju dan sejahtera

Contoh-contoh gurindam di atas hanya beberapa contoh dari banyaknya gurindam yang ada. Gurindam dapat dibuat dengan tema apa saja, sesuai dengan keinginan dan kreativitas penulisnya. Sebagai karya sastra lama, Gurindam sekarang ini jarang dihasilkan, dan memang penyair yang menghasilkan juga berkurang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: 

  • Perubahan zaman dan tren. Di zaman sekarang, banyak orang lebih menyukai puisi modern yang lebih bebas dan ekspresif daripada gurindam yang terikat aturan dan struktur.
  • Kurangnya minat generasi muda. Generasi muda sekarang lebih tertarik dengan genre sastra lain, seperti cerpen, novel, dan puisi modern.
  • Kurangnya media publikasi. Media publikasi untuk gurindam, seperti majalah sastra dan antologi puisi, sudah tidak sebanyak dulu.

Namun, masih ada beberapa komunitas dan organisasi yang berusaha untuk melestarikan dan mengembangkan gurindam. Komunitas dan organisasi ini mengadakan workshop, lomba menulis gurindam, dan penerbitan buku gurindam.

Berikut adalah beberapa contoh penyair kontemporer yang masih menghasilkan karya gurindam:

  • Suryatati A. Manan (Pulau Penyengat, Kepulauan Riau)
  • Huznizar Hood (Padang, Sumatera Barat)
  • Tusiran Suseno (Tanjungpinang, Kepulauan Riau)
  • Teja Al Habd (Bintan, Kepulauan Riau)
  • Abdul Kadir Ibrahim (Tanjungpinang, Kepulauan Riau)

Selain itu, banyak penyair muda yang mulai tertarik untuk menulis gurindam dengan gaya dan bahasa yang lebih modern. Meskipun jumlah penyair gurindam tidak banyak, semangat untuk melestarikan dan mengembangkan gurindam masih ada. Gurindam adalah bagian penting dari kekayaan budaya bangsa Indonesia dan perlu dilestarikan agar tidak punah.

 *Penulis adalah alumni Magister Bahasa dan Sastra Indonesia UNIPMA Madiun

Selasa, 09 Juli 2024

Nelson Mandela: Pejuang Anti-Apartheid dan Presiden Afrika Selatan Pertama yang Berkulit Hitam

Nelson Mandela

Sahabat inspirasi pendidikan, setiap zaman ada tokohya dan setiap tokoh ada zamannya, begitu kata pepatah yang sering kita dengar. Tetapi dari setiap perjalanan para tokoh ini sesungguhnya terdapat banyak hal yang dapat menginspirasi kita untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat. Inspirasipendidikan.com berbagai kisah tentang Nelson Mandela, seorang pejuang anti-apartheid yang juga seorang presiden Afrika Selatan. Kisahnya begitu melegenda dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang di dunia.

Masa Kecil dan Pendidikan

Nelson Rolihlahla Mandela, yang lebih dikenal dengan nama Nelson Mandela, lahir di desa Mvezo, Afrika Selatan pada tanggal 18 Juli 1918. Dia berasal dari keluarga Thembu, salah satu suku terbesar di Afrika Selatan.

Mandela kecil dibesarkan dalam tradisi dan budaya Thembu. Ayahnya, Gadla Henry Mphakanyiswa, adalah kepala desa Mvezo. Ibunya, Nosekeni Fanny, adalah istri ketiga ayahnya. Mandela memiliki 2 saudara perempuan dan 2 saudara laki-laki.

Mandela memulai pendidikannya di sekolah desa setempat. Pada usia 9 tahun, ayahnya meninggal dan dia diasuh oleh bupati Thembu, Jongintaba. Mandela kemudian melanjutkan pendidikannya di Clarkebury Boarding Institute dan Healdtown Institution.

Pada tahun 1939, Mandela mendaftar di University of Fort Hare untuk belajar hukum. Namun, dia dikeluarkan dari universitas tersebut karena terlibat dalam aksi protes politik. Dia kemudian menyelesaikan pendidikannya di University of the Witwatersrand, di mana dia menjadi aktivis anti-apartheid.

Perjuangan Melawan Apartheid

Apartheid adalah sistem segregasi ras yang diberlakukan di Afrika Selatan dari tahun 1948 hingga 1994. Sistem ini memisahkan orang kulit hitam dan kulit putih di semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan tempat tinggal.

Mandela bergabung dengan Kongres Nasional Afrika (ANC) pada tahun 1944. ANC adalah organisasi politik yang memperjuangkan hak-hak orang kulit hitam di Afrika Selatan. Mandela dengan cepat menjadi pemimpin ANC dan terlibat dalam berbagai aksi protes dan kampanye anti-apartheid.

Pada tahun 1961, Mandela ditangkap dan didakwa melakukan sabotase. Dia dihukum penjara seumur hidup dan dipenjara di Pulau Robben. Mandela menghabiskan 27 tahun di penjara, di mana dia mengalami kondisi yang keras dan tidak manusiawi. Namun, Mandela tidak pernah menyerah pada perjuangannya melawan apartheid. Dia terus menginspirasi orang lain melalui kepemimpinannya dan tekadnya yang kuat.

Kisah Nelson Mandela di Penjara: 27 Tahun Menuju Kebebasan dan Perubahan

Nelson Mandela menghabiskan 27 tahun hidupnya di penjara akibat perjuangannya melawan apartheid di Afrika Selatan. Masa-masa di balik jeruji besi ini penuh dengan tantangan dan kesulitan, namun juga menjadi periode penting dalam perjalanan hidupnya yang mengantarkannya menjadi ikon perdamaian dan keadilan.

Masa Awal di Penjara:

Pada tahun 1962, Mandela ditangkap dan dihukum penjara seumur hidup karena terlibat dalam kegiatan anti-apartheid. Awalnya, dia dipenjara di Pulau Robben, sebuah pulau kecil yang terpencil dan terkenal dengan kondisi yang keras. Di sana, Mandela dipaksa untuk bekerja keras dalam kondisi yang tidak manusiawi, dan dia hanya diizinkan untuk mengunjungi keluarganya sekali setahun.

Kehidupan di Pulau Robben:

Meskipun dihadapkan pada kondisi yang sulit, Mandela tidak pernah menyerah pada semangatnya. Dia terus belajar dan membaca buku di penjara, dan dia menjadi pemimpin informal bagi para tahanan politik lainnya. Mandela juga menggunakan posisinya untuk mengorganisir aksi protes dan mogok makan untuk menuntut hak-hak para tahanan.

Perjuangan Melawan Apartheid dari Penjara:

Mandela tidak hanya berfokus pada perjuangannya sendiri, dia juga terus mengabdikan diri untuk melawan apartheid. Dia secara diam-diam menulis surat dan artikel yang diselundupkan keluar dari penjara, dan dia berkomunikasi dengan para pemimpin ANC di luar negeri untuk menyusun strategi perjuangan.

Pengakuan Internasional dan Tekanan untuk Pembebasan:

Seiring waktu, Mandela menjadi simbol perlawanan terhadap apartheid dan perjuangan untuk hak-hak asasi manusia. Dukungan internasional untuk pembebasannya terus meningkat, dan tekanan terhadap pemerintah Afrika Selatan semakin besar.

Pembebasan dan Masa Depan:

Pada tahun 1990, setelah 27 tahun dipenjara, Mandela akhirnya dibebaskan. Pembebasan ini menjadi momen bersejarah bagi Afrika Selatan dan menandai awal dari era baru dalam perjuangan melawan apartheid. Mandela kemudian memimpin negosiasi antara ANC dan pemerintah Afrika Selatan, yang akhirnya menghasilkan pemilihan umum demokratis pertama di negara itu pada tahun 1994.

Kisah Nelson Mandela di penjara adalah kisah tentang keberanian, tekad, dan pengorbanan. Dia menunjukkan kepada dunia bahwa meskipun dihadapkan pada rintangan yang paling sulit, kita dapat mencapai perubahan melalui perdamaian dan rekonsiliasi. Mandela menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan dan menghabiskan masa jabatannya untuk membangun bangsa yang lebih adil dan setara.

Selama masa jabatannya sebagai presiden, Mandela fokus pada rekonsiliasi rasial dan pembangunan bangsa. Dia juga bekerja untuk memerangi kemiskinan dan meningkatkan pendidikan dan perawatan kesehatan.

Mandela pensiun dari jabatan presiden pada tahun 1999, tetapi dia tetap aktif dalam berbagai kegiatan filantropi dan advokasi. Dia meninggal dunia pada tanggal 5 Desember 2013 di usia 95 tahun.

Warisan Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah salah satu pemimpin paling inspiratif di abad ke-20. Dia adalah simbol perlawanan terhadap penindasan dan perwujudan harapan dan rekonsiliasi. Warisannya terus menginspirasi orang-orang di seluruh dunia untuk memperjuangkan keadilan dan kesetaraan.

Fakta Menarik tentang Nelson Mandela:

  • Mandela menikah tiga kali dan memiliki enam anak.
  • Dia adalah penerima lebih dari 250 penghargaan, termasuk Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1993.
  • Ulang tahunnya, 18 Juli, diperingati sebagai Hari Nelson Mandela Internasional setiap tahun.

Pesan Moral dari Kisah Nelson Mandela:

  • Keberanian, tekad, dan optimisme adalah kunci untuk mencapai perubahan.
  • Pengampunan dan rekonsiliasi adalah penting untuk membangun masa depan yang lebih baik.
  • Setiap orang memiliki potensi untuk membuat perbedaan di dunia.

Kisah Nelson Mandela adalah pengingat bahwa bahkan dalam menghadapi rintangan yang paling sulit, kita dapat mencapai hal-hal yang luar biasa jika kita memiliki keberanian untuk memperjuangkan apa yang kita yakini. “selalu ada harapan untuk perubahan” (hary, 09/07/2024)